Ethnographic Field Studies


Why Ethnographic Field Studies?

Ethnographic field studies merupakan metode terbaik untuk mempelajari tentang kebutuhan dan tujuan dari calon pengguna Anda. Hal ini dikarenakan ketika melakukan field studies, researcher mengamati perilaku pengguna ditempat pengguna biasa melakukan kegiatan sehari-harinya. Melalui metode ini, Anda bisa mendapatkan beragam informasi penting yang dapat digunakan untuk proses pengembangan produk Anda.

Case Study

Kereta Commuter Line saat ini menjadi moda transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat kawasan Jabodetabek. KRL banyak digunakan karena harganya cukup terjangkau, mudah didapat, dan tidak terkena macet. Untuk itu, UX Indonesia ingin melihat bagaimana masyarakat menggunakan KRL dan apa saja permasalahan yang bisa diselesaikan melalui pendekatan metode Etnographic Field Studies. Sebelum kami melakukan riset lapangan, kami membuat gambaran besar apa saja yang ingin diobservasi melalui research question. Hal ini sangat penting agar observasi kami jelas dan tidak melebar kemana-mana.

Setelah persiapan matang, kami melakukan riset lapangan di stasiun Tebet, stasiun Manggarai, dan stasiun Sudirman. Kami mengamati dari mulai masuk stasiun, bagaimana kondisi stasiun, kondisi di dalam kereta, bagaimana orang berinteraksi di dalam kereta hingga pengguna keluar dari dalam kereta. Apa yang kami dapatkan dari riset lapangan kami catat dalam field notes dan analytic memos. Selain itu, untuk memperkuat data yang didapatkan kami juga melakukan interview dengan pertanyaan yang sesuai dengan research question yang telah kami buat sebelumnya.

Why UX Indonesia?

UX Indonesia sudah berpengalaman dalam melakukan field studies dengan studi kasus yang berbeda-beda dan kompleks. Dengan mengutamakan pengguna, studi kami akan menghasilkan data dan insight yang dapat memecahkan permasalahan dan meningkatkan nilai produk atau layanan Anda.

UX Research

Ethnographic Field Studies

Gain actionable insights fresh from customers’ natural environment with the best in-field expertise.

Call Center

+62 21 2963 6762
+62 877 489 86867
+62 878 919 23069

WhatsApp

+62 877 489 86867

Anda mungkin juga tertarik dengan topik-topik berikut

UX Research

Intercept Studies

Collect quick feedback from your customers in their daily routines with experienced local experts.

UX Research

Diary Studies

Gain insights of your customer behaviors and experiences over time with the latest tools and methods.

UX Research

Journey Mapping

Be in your customers' shoes to identify gaps and opportunities in your touch points and channels.