User Experience dan User Interface 5


Kali ini saya ingin membahas mengenai fundamental dari UI dan UX yang telah saya pelajari. Beberapa orang tidak mengetahui secara pasti mengenai User Interface (UI) dan User Experience (UX), bahkan ada yang menganggap UI dan UX merupakan suatu hal yang sama.

Sebelum memasuki pemahaman dan perbedaan dari kedua hal tersebut, kita harus berkenalan terlebih dahulu dengan Human Computer Interaction (HCI). Karena UI dan UX merpukan salah satu bagian dari HCI.

Apa Itu Human Computer Interaction (HCI) ?

Perkembangan HCI

Sebenarnya, apa yang kita lakukan dengan komputer ataupun gadget selama ini merupakan bagian dari interaksi dengan komputer. dimana saat anda menggeser layar smartphone, kemudian anda akan mendapatkan akses penuh terhadap smartphone tersebut, itulah Interaksi.

Semakin berkembangnya zaman maka interaksi antara manusia dan komputer semakin menarik bahkan terkesan natural. Jika kita mengingat pada awal munculnya komputer dengan tampilan layar hitam disertai huruf dan angka yang berbaris memenuhi layar, hingga saat ini, komputer sudah menampilkan berbagai macam warna dan icon untuk mempermudah pengguna dalam memahami berbagai macam fungsi yang tersedia. Tidak sampai disitu, saat ini manusia bisa berinteraksi dengan komputer dengan sentuhan, gasture dan suara untuk berinteraksi, dan hal ini terus dikembangkan agar manusia dapat berintraksi senatural mungkin dengan komputer.

Untuk meningkatkan interaksi manusia dan komputer tentu kita harus meningkatkan dari 2 sisi tersebut (pengguna dan komputer). Kita harus bisa mendesain bagaimana komputer bisa lebih mudah digunakan oleh manusia dari interface yang disuguhkan. terdapat 3 poin utama dari kalimat yang saya sebutkan diatas.

  1. Komputer (sebagai produk)
  2. Pengguna (sebagai customer)
  3. Usability (sebagai tolak ukur kesuksesan produk bagi customer)

Ketika komputer pertama kali diperkenalkan  dan dipasarkan kepada masyarakat luas, saat itu juga kita mengenal operating system (OS). Operating sistem ini membuat masyarakat lebih mudah menggunakan komputer dengan adanya graphical User interface (GUI) yang dapat merepresentatifkan berbagai fungsi dengan sebuah tampilan yang familiar.

Sama halnya dengan apps dan website, perkembangan device yang sangat cepat, diikuti munculnya berbagai OS, apps dan website dengan interface yang mudah dimengerti, membuat pengguna lebih mudah mempelajari dan menggunakan sebuah teknologi yang disuguhkan. Seseorang yang berada dibalik perkembangan “interface yang mudah digunakan” inilah yang disebut dengan User Experience Designer.

Sekarang mari kita kembali ke permasalahan awal…

Apa itu User Interface ?

Ranah UI

Gambar diatas memperlihatkan ranah utama dari user interface yang terdiri dari interface design, grafis, icon, dan visual design. User interface designer akan mampu memproduksi 4 hal diatas dengan sangat baik. Tujuan utama dari UI adalah menampilkan interface yang memiliki keseragaman yang baik dari segi warna, font, gambar dll. Sedangkan ranah UX bisa dilihat pada gambar berikut.

Apa itu User Experience?

Ranah UX

User experience memiliki ranah yang lebih luas dari UI, karena ranah UX ini dimulai dengan research pasar – pengguna yang kemudian diimplementasi kedalam sebuah interface. Ya UI adalah bagian dari UX dimana UI merupakan produk akhir dari UX. User experience designer mampu menghasilkan user interface yang mudah digunakan oleh target penggunanya. Karena ranah UX ini terlihat cukup luas, pada beberapa perusahaan memecah UX designer menjadi 2 kelompok, UX Researcher dan UI Designer untuk menciptakan user experience dari suatu apps atau website yang baik.

Seorang user experience designer bisa menjawab mengapa suatu tombol itu terletak dibawah gambar dari konten utama, berwarna hijau, memilki icon bergambarkan kotak dengan panah kearah bawah. Apakah anda mengetahui tombol apa yang dimaksud? Jika iya itulah mindset yang sudah dibuat oleh seorang UX designer untuk menyesuaikan kemampuan dan pengalaman penggunanya. ya tombol yang dimaksud adalah sebuah tombol download.

Contoh halaman interface untuk mendownload suatu konten

Tujuan pengguna dari halaman apps diatas adalah mendownload sebuah film, maka ketika user memasuki halaman tersebut pengguna harus bisa menemukan dimana letak tombol download tersebut dengan mudah. Seorang UX designer harus dapat memastikan apakah pengguna bisa menemukannya dengan persekian detik ketika web selesai diload. Permainan layout, bentuk dan warna pada halaman web tersebut perlu disesuaikan dengan mindset dan pengalaman pengguna, agar pengguna bisa memenuhi tujuannya dengan mudah. Ketika pengguna sudah melakukan seuatu tujuannya (dalam kasus ini mendownload film) dan merasa nyaman pada aplikasi tersebut maka user experience pada apps tersebut dinilai sudah baik. Karena user experience adalah segala sesuatu yang anda fikirkan, rasakan dan lakukan terkesan sangat mudah. Sedangkan UI adalah segala sesuatu yang anda lihat pada apps yang menjadi salah satu faktor UX yang baik.

Menurut saya, untuk menghasilkan sebuah UX yang baik sangat diperlukan UI yang baik. Namun, UI yang baik tidak menjamin bisa menciptakan UX yang baik. Karena itu semua tergantung dari apa tujuan dan harapan yang diinginkan target pengguna.

Anda bisa melihat beberapa contoh analogi yang menggelitik dibawah ini:

Asset-03-03-03

Berdasarkan gambar diatas, setiap pengguna tentunya memilki tujuan untuk dapat menggunakan saus tomat secara maksimal dan mudah ketika digunakan. Pada pembelian awal, tentu pengguna tidak akan menemukan masalah pada kedua botol tersebut, namun setelah saus tomat tersebut tersisa 20% – 10% maka pengguna akan mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan pada botol sebelah kiri. Hal ini akan menyebabkan pengguna untuk memilih botol sebelah kanan pada pembelian berikutnya, karena dinilai lebih baik dari pengalaman yang dia rasakan sebelumnya.

Kesimpulannya: UX bukan hanya  apa yang pengguna lihat, bukan hanya  menghasilkan desain yang menarik untuk dipandang, namun dapat menjawab mengapa desain tersebut seperti itu, desain yang mampu membuat perasaan pengguna nyaman ketika berhasil memperoleh tujuannya pada saat menggunakan suatu produk.


03092011584 (2)

About Irfan Zidny:

Undergraduate student at Computer Science Department, Bogor Agricultural University. He known as a former Vice President of Himalkom IPB. He has passionate in User Interface design and User Experince and now he starts focusing on both of that. He was one of  UI/UX Community’s founder in Himalkom IPB. He had an experience as Kemenkumham RI intern as front end developer position. Contribution to make the world better, with an art and code are his  dreaming.

 

Share it with others

Facebooktwittergoogle_pluslinkedinFacebooktwittergoogle_pluslinkedin

5 thoughts on “User Experience dan User Interface

Comments are closed.