Mobile Usability Testing


Pada tanggal 30 September 2016, UX Indonesia telah menyelenggarakan seri pelatihan UX untuk publik yang ke-7 kalinya. Bertempat di Pullman Jakarta-Indonesia, pelatihan ini mengangkat topik usability testing untuk aplikasi atau website pada perangkat mobile. Sebanyak 30 peserta dari berbagai latar belakang mengikuti rangkaian kegiatan dengan antusias dengan bimbingan Adi Tedjasaputra (Josh) dan Eunice Sari sebagai mentor.

Seperti biasa, acara dimulai dengan perkenalan dan sarapan pagi sambil bercengkerama dengan sesama peserta. Eunice membuka sesi materi dengan presentasi mengenai dasar-dasar pelaksanaan uji kebergunaan (usability) untuk aplikasi mobile dan web. Pembahasan yang disampaikan didukung oleh beberapa fakta menarik yang berkaitan dengan tema. Misalnya, ternyata jumlah orang yang belanja online lewat desktop lebih banyak dari mereka yang melakukan checkout melalui aplikasi mobile atau browser di smartphone.  

Setelah diberikan pemahaman mengenai konsep dan teori-teori, Josh mendemonstrasikan alat-alat (tools) yang biasa digunakan untuk melakukan uji kebergunaan, seperti action-cam, Mr Tappy (mobile sled), dan Ipevo (document camera). Para peserta terlihat bersemangat ketika diizinkan untuk mencoba menggunakan alat-alat tersebut.

usability test

Antusias peserta saat mencoba menggunakan Mr Tappy, salah satu alat uji kebergunaan

Pada sesi berikutnya, para peserta bekerja sama dalam sebuah tim untuk menyusun rencana uji kebergunaan dari studi kasus yang telah diberikan. Sebelumnya, kedua narasumber telah menyampaikan proses uji kebergunaan dari awal hingga akhir, apa saja yang perlu dipersiapkan, serta siapa dan peran apa saja yang dibutuhkan dalam pelaksanaannya.

Usai berdiskusi, masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan apa yang telah dikerjakan dalam bentuk simulasi uji kebergunaan pada perangkat mobile. Kegiatan yang berlangsung di penghujung sesi ini paling dirasakan manfaatnya oleh para peserta karena selain merasakan pengalaman uji kebergunaan sebagaimana yang sebenarnya, mereka juga mendapatkan insight-insight menarik serta feedback yang berguna dari para mentor.

dsc_0185

Simulasi uji kebergunaan oleh salah satu kelompok

Pengalaman dan ilmu yang dibagikan pada pelatihan ini diharapkan dapat diterapkan di kehidupan nyata, khususnya dunia kerja dan bisnis yang memerlukan uji kebergunaan sebagai bagian dari proses untuk menciptakan produk yang berkualitas, tepat sasaran, dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan pengguna.

Para peserta pelatihan Mobile Usability Testing

Para peserta pelatihan Mobile Usability Testing

Pelatihan selanjutnya akan diadakan di tempat yang sama pada tanggal 28 Oktober 2016. Seri ke-8 dari UX Indonesia public training 2016 tersebut akan menggali lebih dalam pemahaman mengenai Lean UX untuk inovasi produk dan servis.

Share it with others

Facebooktwittergoogle_pluslinkedinFacebooktwittergoogle_pluslinkedin