Mengapa perusahaan perlu melakukan Penelitian Pengguna (User Research)   Recently updated !


Mengapa perusahaan perlu melakukan Penelitian Pengguna (User Research)? Pertanyaan ini sering kali muncul atau kita dengar, kemudian banyak yang berpikir penelitian pengguna itu buang waktu dan uang tanpa mengetahui pentingnya manfaat dari Penelitian Pengguna.

Apakah Penelitian Pengguna (User Research) ?

Penelitian pengguna berfokus pada pemahaman perilaku pengguna, kebutuhan, dan motivasi melalui teknik observasi, tugas analisis, dan metodologi umpan balik lainnya (1). Penelitian Pengguna mencakup berbagai metode investigasi yang digunakan untuk menambahkan konteks dan wawasan untuk proses desain produk atau layanan.

Tujuan utama dari penelitian pengguna adalah untuk menjembatani antara tujuan bisnis dengan tujuan Pengguna. Dari penelitian tersebut dapat diketahui siapakah pengguna produk atau layanan tersebut, dalam konteks apa mereka akan menggunakan produk atau layanan ini, dan apa yang mereka butuhkan dari kita.

Bagamana cara melakukan penelitian pengguna (User Research) ?

Berikut beberapa contoh metode yang dapat digunakan untuk melakukan penelitian pengguna :

Methods Know Your User Content Design Test & Refine
Card Sorting – Memungkinkan pengguna untuk melakukan pengelompokan pada informasi di situs Anda. Ini akan membantu memastikan bahwa struktur situs sesuai dengan cara berpikir pengguna. YA YA TIDAK YA
Contextual Interviews – Memungkinkan Anda untuk mengamati pengguna dalam ruang lingkup mereka, memberikan Anda pemahaman yang lebih baik dari cara kerja pengguna. YA TIDAK TIDAK TIDAK
First Click Testing – Sebuah metode pengujian yang difokuskan pada navigasi, yang dapat dilakukan untuk pengujian fungsi pada situs web, prototipe, atau wireframe. TIDAK YA YA YA
Focus Groups – Diskusi moderator dengan sekelompok pengguna, memungkinkan Anda untuk belajar tentang sikap, ide, dan keinginan pengguna. YA YA YA TIDAK
Heuristic Evaluation/Expert Review – Sekelompok usability expert mengevaluasi situs Anda terhadap daftar pedoman yang ditetapkan. YA TIDAK TIDAK YA
Individual Interviews – Diskusi one-on-one dengan pengguna dapat menunjukkan cara kerja pengguna tertentu. Memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi rinci tentang sikap, keinginan, dan pengalaman pengguna. YA YA YA YA
Parallel Design – Sebuah metodologi desain yang melibatkan beberapa desainer mengejar usaha yang sama secara bersamaan, namun secara independen, dengan maksud untuk menggabungkan aspek terbaik dari masing-masing untuk solusi akhir. TIDAK TIDAK YA TIDAK
Personas – Penciptaan pengguna perwakilan berdasarkan tersedia wawancara data dan pengguna. Meskipun rincian pribadi persona mungkin fiksi, informasi yang digunakan untuk bukan untuk membuat tipe user. YA TIDAK TIDAK TIDAK
Prototyping – Memungkinkan tim desain untuk mengeksplorasi ide-ide sebelum menerapkannya dengan menciptakan mock-up sebuah situs. Sebuah prototipe dapat dibuat dari kertas mock-up ke halaman html interaktif. TIDAK TIDAK YA YA
Surveys – Serangkaian pertanyaan yang diajukan untuk beberapa pengguna dari situs Anda, membantu Anda belajar tentang orang-orang yang mengunjungi situs Anda. YA YA YA YA
System Usability Scale (SUS) – SUS adalah teknologi independen skala sepuluh item yang digunakan untuk evaluasi subjektif dari kebergunaan (usability). TIDAK TIDAK TIDAK YA
Task Analysis – Terlibat dalam mempelajari tentang tujuan pengguna, termasuk apa yang pengguna ingin lakukan pada website Anda, dan membantu Anda memahami tugas-tugas yang pengguna akan tampil di situs Anda. YA TIDAK TIDAK TIDAK
Usability Testing – Mengidentifikasi frustrasi pengguna dan masalah dengan situs Anda melalui sesi one-on-one di mana “kehidupan nyata” pengguna melakukan tugas-tugas di situs Anda. YA YA YA YA
Use Cases – Memberikan gambaran tentang bagaimana pengguna menggunakan fitur tertentu dari situs Anda. Mereka memberikan tampilan rinci bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs, termasuk langkah-langkah yang diambil pengguna untuk menyelesaikan setiap tugas. TIDAK YA YA TIDAK

Dengan melakukan penelian pengguna ( user research), perusahaan dapat membuat design produk atau layanan yang lebih tepat guna, dapat memberikan solusi sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dapat menghemat biaya karena minimalnya komplain yang masuk sehingga mengurangi biaya yang akan timbul untuk perbaikan produk atau layanan tersebut.

Source:

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/User_Research
  2. http://www.uxbooth.com/articles/complete-beginners-guide-to-design-research/
  3. https://www.usability.gov/what-and-why/user-research.html

 

Share it with others

Facebooktwittergoogle_pluslinkedinFacebooktwittergoogle_pluslinkedin