Experiencing User Experience (UX)


Salah satu aspek yang terdapat dalam User Experience atau yang biasa disingkat UX adalah User Research. Pada dasarnya saya bukanlah seorang yang memiliki latar belakang pendidikan design, komputerisasi, ataupun psikologi. Saya adalah seseorang yang memiliki dasar sains dan analisa data, User Research merupakan gerbang awal saya dalam memasuki dunia UX.

Disadari ataupun tidak, sesungguhnya kita pasti pernah secara langsung maupun tidak langsung melakukan kegiatan User Research. User Research yang cukup sederhana untuk dilakukan adalah dengan cara kita melakukan wawancara kepada narasumber.

Ketika ketertarikan saya terhadap UX khususnya pada User Research semakin tumbuh maka saya memutuskan untuk mencari ilmu dan pengalaman pada bidang ini dengan cara mencari lowongan Internship dan kemudian saya mendapatkan kesempatan untuk melakukan Intern di UX Indonesia.

Di UX Indonesia saya mendapatkan ilmu dan pengalaman baru yang sangat membantu saya dalam mendalami bidang UX. Saya berkesempatan untuk mengikuti pelatihan – pelatihan yang diadakan oleh UX Indonesia. Beberapa pelatihan UX yang telah saya ikuti diantaranya adalah mengenai content strategy, mobile UX design, dan lean UX.

Saya juga mendapatkan kesempatan terjun langsung pada real project yang dilakukan oleh UX Indonesia, berhubungan langsung dengan para client dan juga melakukan User Research lebih lanjut. User Research itu sendiri memiliki beberapa metode selain interview, yakni usability testing, ethnography study, dll.

Setelah melakukan project – project di UX Indonesia, tentu banyak ilmu baru yang saya dapatkan selama saya melakukan Internship di UX Indonesia serta lebih membuka wawasan saya mengenai apa itu UX secara keseluruhan.

Seberapa pentingkah User Research? Pertanyaan ini sempat terbesit dalam benak saya setelah beberapa bulan saya melakukan Intern. Pertanyaan tadi terjawab setelah saya mendapatkan kesempatan untuk melakukan usability testing dengan salah satu client. Ketika itu project yang dilakukan mengenai aplikasi mobile. User Research memiliki peran penting dalam mengetahui perilaku seseorang terhadap produk kita, entah itu produk fisik ataupun produk digital. Apabila kita tidak melakukan User Research kepada para pengguna kita maka kita tidak akan tahu bagaimana atau apa yang sesungguhnya diinginkan serta diperlukan oleh mereka (konsumen). Selain itu kita juga dapat mengetahui secara langsung apa masalah yang dihadapi oleh user terhadap produk kita. Produk yang baik menurut saya adalah produk yang efisien dan tepat sasaran.

Saat ini Di Indonesia sendiri bidang UX ini dapat dibilang masih belum umum, namun perkembangan mengenai UX sangatlah pesat dan saya yakin UX akan meningkat secara linear sebanding dengan perkembangan pada bidang bisnis digital di Indonesia.

Share it with others

Facebooktwittergoogle_pluslinkedinFacebooktwittergoogle_pluslinkedin

About Eunice Sari

Dr Eunice Sari is the CEO and Co-Founder of UX Indonesia (uxindo.com) – the first HCI and UX business in Indonesia since 2002. She is also the Google Expert in UX/UI who have helped over a hundred of startups around the world.

As a UX/CX Expert and ICT in Education Expert, she has more than 15+ years of experience working in both academia and industries. She has pioneered a number of forward-thinking and innovative projects, such as user experience for digital products and services, mobile learning, Internet of Things (IoT), service design and online community in order to effect changes in life and improve the bottom line of business in various vertical industries in USA, Europe, Australia and Asia.