Hal – Hal yang membedakan UX Research dan Market Research


Data merupakan salah satu faktor penting bagi perusahaan, organisasi maupun individu. Dengan menggunakan data secara tepat maka kita akan dapat mengambil keputusan dan langkah yang tepat untuk menentukan suatu strategi.

Untuk mendapatkan sejumlah data dapat dilakukan beberapa cara, salah satu caranya adalah dengan melakukan Research. Pada umumnya, masyarakat telah mengenal Market Research.

Market research digunakan untuk mengetahui kebutuhan pasar, competitor, serta besarnya pasar. Selain itu Market Research berfokus pada hal – hal yang berhubungan dengan pembelian barang dan jasa. Lalu apa perbedaan antara Market Research dengan UX Research? Sebelum membahas perbedaan antara kedua jenis Research ini, kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dan ruang lingkup dari UX Research.

Pelatihan yang diadakan oleh UX Indonesia pada tanggal 24 Februari 2017 membahas mengenai UX Research, Market Research, perbedaan UX Research dan Market Research ditinjau dari beberapa aspek, dan metode – metode yang digunakan dalam Praktik UX Research. Para peserta dari training kali ini mendapatkan gambaran dan pemahaman yang mendalam mengenai UX Research. UX Research ini dilakukan berdasarkan peran manusia sebagai pengguna dari suatu produk. Oleh karena itu kita harus melakukan Research langsung kepada para target user kita.

Para peserta dibimbing secara langsung untuk mengenali metode – metode UX Research dengan cara diberi arahan untuk menentukan jenis metode berdasarkan deskripsi yang telah diberikan. Beberapa metode UX Research yang dipelajari pada pelatihan ini, yaitu: Usability Testing, Contextual Inquiry, Interview, Eye Tracking, Diary Study, Card Sorting, dan beberapa metode UX Research lainnya. Selain mempelajari teori mengenai metode UX Research, pelatihan kali ini juga mempraktikan secara langsung menggunakan suatu alat yang digunakan untuk UX Research. Para peserta training berkesempatan langsung untuk mencoba alat Eye Tracking. Para peserta sangat antusias untuk mencoba langsung dan merasakan bagaimana alat untuk Eye Tracking bekerja.

Faktor penting lainnya dalam UX Research yang diajarkan juga dalam pelatihan ini ialah mengenai pembuatan suatu Persona, Persona inilah yang akan nantinya menjadi gambaran target user kita karena di dalam UX Reserch mengenal prinsip Human Centered Design. Kemudian untuk mendapatkan data – data yang diperlukan dari user kita tersebut, kita harus dapat menentukan metode UX Research yang tepat. Para peserta secara bergantian mempresentasikan persona mereka masing – masing dan mendapat feedback secara langsung dari pembicara (Josh dan Eunice).

Pada akhir pelatihan, dipaparkan kembali kesimpulan mengenai perbedaan mendasar antara Market Research dan UX Research, serta faktor-faktor apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih metode dan alat untuk melakukan UX Research.

Share it with others

Facebooktwittergoogle_pluslinkedinFacebooktwittergoogle_pluslinkedin